Pengaruh Promosi Online Politekhnik LP3I Jakarta - Kampus Depok

shares |

      Perkembangan teknologi dan informasi membuat internet semakin banyak dikenal dan dapat dikatakan menjadi salah satu hal penting bagi masyarakat jaman sekarang. Perkembangan internet dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan bisnis. Internet membantu dan memudahkan mengembangkan bisnisnya secara online dengan melakukan promosi untuk memperkenalkan produk atau jasanya melalui media internet atau yang disebut dengan promosi online. Dalam melakukan promosi online, media sosial merupakan media yang paling banyak digunakan untuk melakukan promosi karena mudah, cepat, dan efisien. Media sosial yang paing banyak digunakan salah satunya adalah facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
 (1) Deskripsi pelaksanaan promosi online melalui media sosial facebook dan pengambilan keputusan pembelian pada konsumen MIMI Bakery Denpasar;
 (2) Pengaruh promosi online terhadap pengambilan keputusan pembelian secara parsial pada konsumen MIMI Bakery Denpasar; dan
 (3) Pengaruh promosi online terhadap pengambilan keputusan pembelian secara simultan pada konsumen MIMI Bakery Denpasar.








     Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Variabel bebas dalam penenilitian ini adalah periklanan (X1), pemasaran langsung (X2), dan promosi penjualan (X3) sedangkan variabel terikatnya keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian merupakan friends pada fanpage facebook MIMI Bakery dengan jumlah yang diketahui sebanyak 314 orang (finite population). Sampel dalam penelitian ini sebesar 167 responden yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima pilihan jawaban sangat setuju (SS), setuju (S), cukup setuju (CS), tidak setuju (TS), sangat tidak setuju (STS). Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer yang diperoleh dari responden dan data sekunder yang didapat dari pihak MIMI Bakery. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Uji kelayakan untuk instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari: (1) Uji normalitas dengan melihat grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual; (2) Uji multikolinearitas yang dapat dilihat dari nilai Tolerance dan VIF (Variance Inflation Factor) pada model regresi; (3) Uji heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplot, dan analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis yaitu uji  secara parsial, uji F secara simultan, dan menghitung sumbangan efektif.

 Kesimpulan penelitian ini: 
(1) periklanan pada facebook MIMI Bakery dianggap mampu mengalihkan perhatian konsumen dari merk lain, pemasaran langsung oleh admin pada facebook MIMI Bakery dianggap mampu memberikan informasi yang jelas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan megenai produknya dengan ramah, promosi penjualan yang dilakukan MIMI Bakery dianggap sangat positif, dan konsumen MIMI Bakery dalam melakukan pembelian mempertimbangkan tentang jenis produk, bentuk produk, jumlah produk yang akan dibeli, dan waktu pembelian produk; 
(2) ada pengaruh positif dan signifikan antara periklanan, pemasaran langsung, dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen MIMI Bakery secara parsial; 
(3) ada pengaruh yang signifikan antara periklanan, pemasaran langsung, dan promosi penjualan secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen MIMI Bakery Denpasar; 
(4) Pemasaran langsung merupakan variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen MIMI Bakery Denpasar. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) Bagi pihak MIMI Bakery agar meningkatkan dan memperbanyak promosi yang dilakuakan, baik promosi secara online dan juga secara offline; (2) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya perlu memperluas variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian seperti kepercayaan konsumen, dan  karakteristik konsumen.


SUMBER :http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/article/view/51915

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar